10 Langkah Penting Dalam Memulai Bisnis

tips memulai bisnis yang baik

Anda pun bisa mengontrol keuangan agar tujuan-tujuan dalam bisnis bisa tercapai lebih mudah. Nah, Anda harus memikirkan cara bagaimana supaya pasar mau membeli ayam bakar Anda.

Setidaknya, fifty one% bisnis mikro dan kecil di Indonesia serta 34% kategori bisnis menengah kini dimiliki oleh wanita. Ambil pena dan kertas, lalu catat panduan Cosmo berikut untuk memulai bisnismu. Yes, berdasarkan hasil riset yang dilakukan Global Entrepreneurship Monitor, jumlah wirausaha wanita di Indonesia kini telah mencapai 14 persen dari total populasi. Angka ini ternyata terhitung cukup tinggi, dan berhasil membuat Indonesia berada di peringkat ke-20 dari 65 negara untuk jumlah wirausaha wanita dalam satu negara. Eits, tak hanya itu, menurut riset dari NUS Entrepreneurship Center, wanita Indonesia juga dinilai lebih berani dalam membuka usaha baru dibandingkan para pria.

Sebagai referensi, Anda bisa membaca artikel yang membahas tentang cara mendapatkan modal usaha. Semakin besar usaha yang akan dibangun maka akan semakin besar pula modal yang dibutuhkan nantinya. Hal ini bisa saja dilakukan, namun tetap harus memperhatikan minat Anda sebagai pelaku usaha. Bisnis yang dijalankan berdasarkan minat umumnya bisa bertahan lebih lama ketimbang bisnis yang dijalankan karena ikut-ikutan saja. Sebab, sesuai dengan skala bisnis Anda, ada hal-hal yang tidak bisa Anda lakukan sendiri.

Berdasarkan information dari Bank Indonesia, besaran kredit yang diberikan kepada UMKM angkanya selalu meningkat setiap tahun. Hingga tahun 2016 saja, kredit yang disalurkan kepada pelaku bisnis sudah mencapai Rp900,four triliun. Jika kamu ingin meminjam uang dari bank, menurut information dari Bank Indonesia, bank-financial institution persero selalu menempati posisi pertama dalam menyalurkan kredit. Ini yang paling penting, pastikan kamu mendaftarkan usaha tersebut di Direktorat Jenderal Pajak untuk mendapatkan ijin dan NPWP.

Siapkan Tanda Daftar Perusahaan, Surat Ijin Usaha Perdagangan, Rapat Umum Pemegang Saham, serta Surat Keterangan Domisili Perusahaan. Berarti kamu membutuhkan notaris untuk mengurus hal-hal itu. Oh ya, di tahap ini, pastikan kamu juga mengasuransikan bisnis tersebut.

Untuk hal ini, dapat dikatakan bahwa Anda memiliki pasar yang sangat luas. Seperti yang diketahui, kuliner kini bukan hanya menjadi kebutuhan pokok, melainkan menjadi bagian penting dalam gaya hidup. Masyarakat banyak berburu kuliner untuk dicicipi, dibuatkan ulasannya, juga dibagikan ke media sosial gambar atau videonya.

Ok, Anda telah melakukan semua poin di atas dan telah siap untuk meluncurkan usaha Anda. Kini saatnya Anda mulai membuka usaha tersebut kepada khalayak umum. Misalnya meminjam dari bank, mencari investor, meminjam dari keluarga dan kerabat, atau dari tabungan sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *